Inilah Manfaat Sekolah Alam, Natural Education

Belajar di lingkup sekolah dan hanya di kelas saja pasti membuat anak bosan. Apalagi pendidik/guru menggunakan metode ceramah untuk pengajarannya. Di era yang semakin maju ini, banyak inovasi untuk mempermudah siswa memahami pembelajaran yang diterimanya.

Sekarang ini, belajar tidak terbatas hanya duduk dibangku sekolah dengan memperhatikan guru yang menjelaskan semua pelajaran yang diberikan. Namun sekarang, belajar definisinya sudah semakin luas dengan tidak terbatasnya ruang dan waktu. (Baca juga artikel sebelumnya : Landasan Mendidik dengan Cinta dan Keteladanan)

Manfaat Belajar dengan Alam

Salah satunya pembelajaran dilakukan di alam terbuka. Belajar di alam terbuka adalah salah satu metode alternatif guna menyampaikan materi-materi yang tidak dapat disampaikan dikelas dengan berbagai contoh yang dapat ditunjukan di alam sekitar oleh pendidik/guru.

Alam juga memberikan hal-hal menarik untuk dipelajari siapapun yang haus akan ilmu pengetahuan. Alam juga memberikan pengalaman yang lebih dibandingkan hanya duduk di kelas saja. Belajar dengan menggunakan alam sebagai media akan menumbuhkan potensi-potensi danbakat yang terpedam yang merupakan kekhususan yang terdapat dalam setiap individu peserta didik.

Pendekatan proses belajar menggunakan interaksi langsung antara pendidik dan peserta didik serta peserta didik dengan peserta didik itu sendiri dapat  menimbulkan korelasi yang positif dalam pembentukan karakter seseorang. Pendidik mengajak peserta didik untuk terjun langsung ke alam, seperti diajak ke hutan wisata untuk melakukan kemah bersama. Nantinya peserta didik diarahkan untuk mengamati hal apa saja yang ada di alam tersebut dan hal apa saja yang di temukannya di alam. Setelah itu peserta didik diajak pendidik untuk berkumpul dan berdiskusi tentang apa saja yang dapat di pelajari.
Inilah Manfaat Sekolah Alam, Natural Education
Belajar di Alam Terbuka (DOK. PRIBADI)

Bereksplorasi dan observasi dapat menumbuhkan semangat belajar bagi peserta didik. Dengan demikian peserta didik tidak jenuh dan bosan dengan pembelajaran yang diterima. Selain kegiatan tersebut pendidik dapat mengajak peserta didik untuk belajar di wisata taman atau desa wisata dengan menyediakan berbagai alat peraga dan praktek langsung di alam, yang nantinya mempermudah peserta didik dalam pemahamannya.

Belajar dengan alam terbuka peserta didik diharapkan dapat meningkatkan kreativitasnya. Pendidik harus pintar-pintar mengemas pembelajaran di alam semenarik mungkin, guna peserta didik lebih semangat belajarnya. Peserta didik dapat belajar di alam menggunakan permainan-permaianan anak, dapat berkreasi dengan benda yang ditemuinya di alam, dan dapat mengespresikan alam ke dalam gambar.

Selain itu, pendidik dapat mengajarkan berbagai pelajaran seperti IPA, IPS, Bahasa Indonesia, dst , yang nantinya dapat dikaitkan dengan alam sekitar. Dirasa sangat cocok dilakukan pembelajaran di alam, karena memiliki banyak manfaat bagi pendidik maupun peserta didik dalam pembelajarannya. Pembelajaran di alam dapat dilakukan seminggu sekali atau 2 minggu sekali untuk mengurangi kejenuhan peserta didik. Dengan adanya metode pembelajaran di alam ini, diharapkan potensi-potensi peserta didik dapat berkembang dengan adanya ide-ide baru yang bermunculan pada individu peserta didik itu sendiri.

Tambahan, manfaat belajar dengan alam tidak hanya dirasakan secara lahiriah saja. Namun secara bathiniah mereka yang menghayati setiap ciptaan di alam raya ini akan semakin merasakan betapa besarnya sang Pencipta. Maka sudah sepatutnya metode belajar dengan alam menjadi bagian utama dalam kurikulum pendidikan bangsa ini.
Inilah Manfaat Sekolah Alam, Natural Education
Kepanduan Bagian dari Belajar dengan Alam (DOK.PRIBADI)
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+