Mendidik Generasi Gadget : Peranan Pendidikan Keluarga

loading...
Mendidik Generasi Gadget Bagian 2 | Pendidikan secara umum merupakan pranata kehidupan manusia, untuk membentuk jati diri dan membangun generasi umat yang lebih berkualitas. Keluarga menjadi institusi pertama dan utama dalam memberikan pendidikan bagi anak-anak, sedangkan sekolah sebagai institusi formal tempat buah hati menimba ilmu dan mengembangkannya.

Proses pendidikan itu sendiri harus dapat mentransformasikan beragam ilmu pengetahuan, sikap perilaku dan pengabdian dalam kehidupan secara komprehensif termasuk langkah-langkah cerdas memanfaatkan buah karya dari kemajuan teknologi.
Baca juga : Jaga Gairah Guru Agar Pendidikan Negeri ini Maju
Tidak dapat dipungkiri, globalisasi zaman mendorong manusia untuk mengenal dan menguasai canggihnya teknologi, semisal gadget. Kehidupan generasi gadget secara langsung maupun tidak langsung menuntut internet menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari aktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu, sangat diperlukan ikhtiar untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam proses mendidik anak-anaknya yang kaitannya dengan keselamatan mengoperasikan gadget.

Pada lingkup keluarga, mendidik generasi gadget tidak lantas melakukan pembiaran terhadap anak-anak untuk bebas mengakses gadget atau sebaliknya melarang sama sekali, karena cepat atau lambat anak-anak zaman sekarang akan berkenalan juga dengan yang namanya gadget.

Pihak orang tua harus hadir mendampingi anak-anaknya di saat mereka sedang membutuhkan aktivitas tambahan dan atau hiburan yang melibatkan gadget. Harus ada batasan dan aturan yang disepakati antara orang tua dan anak-anak sebelum perijinan pemakaian gadget dikeluarkan.

Psikolog anak Annelia Sari Sani mengatakan, aturan utama yang orang tua harus pahami dalam penggunaan gadget pada anak adalah anak-anak usia di atas dua tahun maksimal penggunaan gadget adalah dua jam. Sementara anak-anak di bawah dua tahun jangan dikenalkan sama sekali dengan gadget, termasuk televisi dan lainnya.

Karena, banyak penelitian-penelitian yang mengatakan bahwa anak di bawah dua tahun yang tidak dikenalkan dengan teknologi, kemungkinan adiksinya menjadi semakin kecil. Hal ini disebabkan anak usia ini mereka masih belajar dengan cara melihat dan mendengar atau audiovisual.

Kepedulian orang tua terhadap perkembangan pendidikan buah hatinya juga dapat diterapkan dengan langkah menjadi teman sebaya bagi anak-anak. Sehingga ketika anak-anak ingin bermain gadget, orang tua dapat menyarankan aplikasi yang melibatkan kegiatan bersama antara anak dan orang tua. Hal ini bertujuan agar kontak atau interaksi orang tua dengan anak akan menjadi semakin baik dan kuat. Termasuk juga ketika anak ingin menonton televisi, orang tua harus peduli dan siap menemani. Pilihkan tayangan televisi yang edukatif demi pengembangan wawasan ilmu pengetahuan dan memberi motivasi bagi anak-anak.

BAGIAN = 1 - 2 - 3
Sumber : HIDAYATULLAH.COM
Mendidik Generasi Gadget : Peranan Pendidikan Keluarga
ILUSTRASI
Share on FB Share on Tweet Share on G+
loading...