HOT NEWS!!! Banyak Guru Kesulitan Terapkan K-13, ini Penyebabnya Menurut Sekjen FSGI Retno Listyarti

Di sejumlah daerah, guru-guru mengeluh kesulitan menerapkan Kurikulum 2013 (K-13). Keluhan guru menjalankan K-13 itu banyak masuk ke layanan pengaduan Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI). Baca juga : Informasi Lengkap Program Pemkab Satu Guru Satu Laptop di Setiap Sekolah untuk Semua Jenjang Mulai Tahun 2017

Sekjen FSGI Retno Listyarti menjelaskan, masalah tersebut muncul di sekolah-sekolah yang baru mulai menerapkan K-13 tahun ini. ”Aturan Kemendikbud jelas. K-13 di sekolah yang baru melaksanakan diterapkan di kelas I, IV, VII, dan X,” katanya di Jakarta kemarin (23/7).

FAKTA di lapangan, ada sekolah yang menerapkan K-13 untuk kelas lain. Itu membuat guru yang belum dilatih K-13 menjadi bingung. Buku pembelajaran berbasis K-13 juga belum ada. Perempuan yang juga guru di Jakarta tersebut mengatakan, dinas pendidikan seharusnya mengikuti arahan Kemendikbud. Kelas-kelas yang belum waktunya menerapkan K-13 tetap memakai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Menurut dia, guru tetap butuh pelatihan K-13 supaya tidak bingung dalam mengajar.
Banyak Guru Kesulitan Terapkan K-13, ini Penyebabnya Menurut Sekjen FSGI Retno Listyarti
Ilustrasi Keluhan Guru Kepada FSGI Soal Kurikulum
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud Totok Suprayitno membenarkan bahwa tidak semua kelas di sekolah yang baru menjalankan K-13 diajar menggunakan K-13. Dia menerangkan, di sekolah baru itu, K-13 baru diajarkan di kelas I, IV, VII, dan X. ”Ditjen Dikdasmen (Pendidikan Dasar dan Menengah) Kemendikbud sudah melakukan sosialisasi kepada daerah,” ujarnya.
Baca juga : Hidung Guru SMP Patah Akibat Ditinju Muridnya yang Tidak Terima Ditegur
Totok berharap implementasi K-13 di sekolah yang baru menerapkan tahun ini mengikuti program Kemendikbud. Tidak ada yang mendahului dengan menerapkan K-13 di semua tingkat kelas. Kecuali sekolah yang sudah tiga tahun menjalankan K-13, seluruh tingkat sudah memakai K-13.

Tahun ini Kemendikbud menambah cukup banyak sekolah pelaksana K-13. Total di semua jenjang, ada 38 ribuan unit sekolah yang baru menjalankan K-13. Sebelumnya jumlah sekolah yang telah menjalankan K-13 sekitar 17 ribu. Jadi, secara keseluruhan, tahun ini ada 55 ribu sekolah –mulai SD, SMP, hingga SMA/SMK– yang memberlakukan K-13.

Sumber : http://www.jpnn.com/read/2016/07/24/455996/Banyak-Guru-Kesulitan-Terapkan-K-13-
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+