PERHATIAN... Tayangan Televisi Selama Ramadan Minim Edukasi

Selama bulan Ramadan, stasiun televisi berupaya menghadirkan program bernuansa Islami untuk menyemarakan bulan suci ini. Penonton disuguhkan beragam pilihan tayangan menarik agar puasa yang dijalankan tidak terlalu terasa berat. Semua tayangn program ramadan itu bersaing mendapatkan pemirsa agar mendapatkan rating tinggi.

Sementara dari kaca mata penonton, tidak semua program ramadan yang menarik dan selaras dengan bulan penuh rahmat ini. Program televisi lebih sekadar mengganti bungkusan, tapi esensinya tidak berubah. Sisi edukasi dalam setiap tayangan ramadan sangat minim.

Seperti halnya yang dikatakan Intan Raka Pangesti, mahasiswa UB Malang ini. Dikatakannya selama Ramadan tayangan islami stasiun televisi tidak semua menjadi tuntutan bagi penontonnya agar bisa berpuasa lebih khusyuk. "Yang benar-benar islami dan enak ditonton, menurutku cuma acara audisi dai Cilik," ujar Intan Raka Pangesti, senin (20/6).
Baca juga : PGRI dan POLRI Sepakat Teken MoU Penyelamatan Profesi Guru
Pada dasarnya kata Intan, program televisi lebih banyak mengarah pada hiburan. Sementara itu, Samsul Arifin, salah seorang karyawan swasta di Kota Malang menuturkan, selama Ramadan program musik dangdut tetap saja berjalan. Hanya saja penyanyinya lebih sopan dengan berpakaian tertutup. Sikap dari enternainer tidak jauh berubah dibandingkan bulan-bulan sebelum ramadan. "Acara TV sekarang banyak yang nyeleneh," Samsul Arifin, marketing lising.

Senada dengan Syaiful Mahfudz, menurutnya tayangn televisi saat ini sudah tidak lagi mendidik. Dalam tayangan tv saat ini banyak program yang tidak lagi menampilkan budaya keindonesiaan. "Sepertinya tergerus dengan budaya modern," sebutnya.

Dia mencontohkan, dialog dalam acara, ataupun sinetron selama Ramadan atau hari lainnyas tidak lagi sepenuhnya menggunakan bahasa Indonesia. "Kalau di Ramadan ini tayangannya di tv itu jauh dari realitas. Seperti fatamorgana," tandas Guru SDLB Kranggan itu. Sumber : http://www.jawapos.com/read/2016/06/20/35243/tayangan-ramadan-di-televisi-minim-edukasi
PERHATIAN... Tayangan Televisi Selama Ramadan Minim Edukasi
KOMISI PENYIARAN INDONESIA
Share on FB Share on Tweet Share on G+