TERBARU... Kalender Pendidikan Lengkap dengan Penjelasan Komponen dan Fungsinya Tahun Pelajaran 2016/2017

loading...
Kalender pendidikan atau sering disingkat KALDIK menjadi bagian penting dalam mendukung terselenggaranya proses pendidikan dengan lancar dan efesien. Hal ini karena dengan adanya kalender pendidikan, baik guru, pihak sekolah dan orang tua wali murid dapat mengatur jadwal kegiatan para peserta didik dengan baik. Namun sayang banyak orang yang tidak memahami dan memperhatikan adanya kalender pendidikan terutama komponen dan fungsi dari Kaldik itu sendiri. Baca juga Peraturan Balitbang Tentang Penulisan Ijazah Tahun 2016

Berikut Komponen dan Fungsi dari Kalender Pendidikan Dilengkapi Link Download Kaldik Tahun Pelajaran 2016/2017


Komponen penting yang harus diketahui dalam kalender akademik, diantaranya :
1. Tahun Ajaran
Tahun ajaran merupakan awal dari dimulainya kegiatan pembelajaran di sekolah. Tahun ajaran baru ditetapkan oleh Dinas yaitu pada Bulan Juli setiap tahun dan berakhir di Bulan Juni tahun berikutnya.

2. Minggu Efektif
Minggu efektif adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran. Minggu efektif untuk PAUD adalah 34 Minggu dalam satu tahun. Tapi setiap sekolah bisa menyesuaikannya sesuai kondisi dan kebutuhan sekolah.

3. Hari Libur
Hari libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakannya kegiatan belajar mengajar terjadwal. Hari libur sekolah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional atau Menteri Agama dalam hal yang terkait dengan hari raya keagamaan dan libur nasional. Hari-hari libur tersebut mencakup :
– Libur Semester
– Libur hari-hari besar keagamaan
– Libur nasional
– Cuti bersama
– dan Libur khusus yang ditetapkan lembaga.
Baca juga : Sambutan Resmi Mendikbud Anies Baswedan dalam Rangka Hardiknas

Fungsi Kalender Pendidikan (KALDIK):

  • Mendorong efektivitas dan efesiensi proses pembelajaran di sekolah
  • Menyerasikan ketentuan mengenai hari efektif dan hari libur sekolah
  • Pedoman dalam menyusun program kegiatan pembelajaran sekolah
  • Pedoman bagi guru untuk menyusun program tahunan, program semester serta membuat silabus dan satuan acara pembelajaran
Berikut Kalender Pendidikan (Kaldik) tahun pelajaran 2016/2017 yang dapat digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan pembelajaran efektif baik di tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MAK. Silakan download Kalender Pendidikan (Kaldik) Tahun Pelajaran 2016/2017 di SINI.

Berdasarkan Kaldik tahun pelajaran 2016/2017 tersebut, hari belajar efektif berjumlah 212 hari per semester. Sedangkan Jumlah Minggu Efektif sebanyak 35 minggu dalam 2 semester. Untuk tahun pelajaran 2016/2017 akan dimulai pada hari Senin, 18 Juli 2016 dan akan berakhir pada hari Sabtu, 17 Juni 2017.
TERBARU... Kalender Pendidikan Lengkap dengan Penjelasan Komponen dan Fungsinya Tahun Pelajaran 2016/2017
KALDIK TAHUN AJARAN 2016/2017
Share on FB Share on Tweet Share on G+
loading...