Cara Meningkatkan Kualitas Siswa SMK Menurut Mendikbud Anies Baswedan

Pendidikan kejuruan memang menjadi sektor penting yang diperhatikan pemerintah karena lulusannya dapat langsung menjadi tenaga terampil di beberapa bidang pekerjaan. Wajar bila pemerintah meluncurkan banyak program untuk siswa SMK. Harapannya, tentu agar siswa SMK dapat berprestasi dan mampu memiliki skill unggulan.

Dikutip dari jpnn.com, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, Senin (23/5), membeberkan cara meningkatkan kualitas siswa SMK. Menurutnya, konsep pendidikan kejuruan harus mencakup lima konteks. Yaitu memenuhi kebutuhan masyarakat, dunia kerja‎, profesional, generasi masa depan, dan pengembangan ilmu pengetahuan. Baca juga Nasib Tragis Mahasiswi Cantik Setelah Menghabiskan Uang Rp. 4 Miliar dalam Sehari

"Tanpa memenuhi lima konteks itu, akan sulit bagi lulusan SMK bersaing baik dalam negeri maupun luar negeri," ujarnya.


Dia menambahkan, sudah saatnya ‎Indonesia menempatkan diri bukan berhadapan dengan semata-mata kebutuhan dalam negeri, tapi juga dunia. Standar yang dibuat harus tertinggi dan tidak berhenti di satu titik saja. "Mutu SMK harus terus dibandingkan dengan SMK lainnya (kalau perlu dengan negara luar) dan cari yang terbaik. Jadi jangan cepat puas dengan satu prestasi saja," terangnya.

Sumber : http://www.jpnn.com/read/2016/05/23/415833/75-Persen-Siswa-Indonesia-tak-Berprestasi-
Cara Meningkatkan Kualitas Siswa SMK Menurut Mendikbud Anies Baswedan
MENDIKBUD
Share on FB Share on Tweet Share on G+