PERHATIKAN... 3 Hal Penting yang Dapat Membuat Anak Sukses

Psikolog Ferry Farhati Anies Baswedan mengungkapkan, untuk membentuk karakter anak dalam suatu keluarga dimulai dari pengenalan, kemudian dibiasakan. Itu dilatih agar konsisten sehingga menjadi kebiasaan, karakter, dan budaya anak. Baca juga Metode Kreatif Cara Mendidik Anak Menurut Rasulullah SAW

"‎Ini dilakukan sejak anak berusia dini. Kalau sedari kecil dibiasakan jujur, sampai dewasa menjadi budaya dia," ujarnya.


Fery mengisahkan masa kecilnya saat menginjak lantai keramik yang belum kering. Alhasil keramiknya pecah dan sempat ditanyakan ayahnya. "Karena takut dimarahi, saya bilang tidak tahu. Hari pertama bohong saya tidak berani keluar‎, hari kedua bohong badan saya panas dingin. Hari ketiga, saya langsung ngaku ke ayah dan ternyata ayah saya tidak marah, malah senang karena anaknya mau jujur," bebernya.

Dia menambahkan, kebiasaan jujur yang ditanamkan orang tua sejak dini akan membuat anak tidak berani berbohong. Budaya inilah yang akan dikembalikan dalam pengembangan karakter anak.


Fery lantas menyebutkan hasil survei National Association of Colleges and Employers USA, di mana penentu sukses adalah komunikasi, kejujuran, dan kerja sama. Sedangkan indeks prestasi berada di nomor urut 17 dari 20 indikator utama. "Orang tua di Indonesia selalu mengukur prestasi anak dari nilai indeks prestasi‎. Padahal itu di urutan belakang. Sedangkan di tiga urutan teratas adalah komunikasi, kejujuran, dan kerja sama," tandasnya.

Sumber : http://www.jpnn.com/read/2016/05/17/410713/Penting!-3-Hal-Ini-Yang-Bikin-Anak-Sukses-
 PERHATIKAN... 3 Hal Penting yang Dapat Membuat Anak Sukses
Poto : DOK. PRIBADI
Share on FB Share on Tweet Share on G+