Cara Buat Akun PTK Pada Aplikasi Dapodik Sebagai Sarana Transaksi Data Guru

Sistem pendataan online yang diterapkan Kemendikbud harus dipatuhi setiap guru dan tenaga kependidikan. Bagi guru, pendataan secara online sangat membantu dan memudahkan pekerjaan guru karena tidak lagi bersibuk ria mengumpulkan berkas hanya untuk validasi data atau mendapat tunjangan. Guru yang telah memiliki Akun PTK maka segala pendataan yang terkait dengan dirinya secara otomatis terintegrasi dengan data yang ada di pusat.

Sehingga apabila ada program baru pemerintah yang berkaitan dengan pendidikan dan itu memerlukan data atau profil guru, maka akun PTK menjadi rujukannya. Wajar bila informasi terbaru mengatakan guru harus segera membuat akun PTK pada aplikasi dapodikdas. Baca juga : Mengenal Fungsi dan  Manfaat Aplikasi Dapodik

Guru sebagai pendidik di sekolah diwajibkan membuat AKUN PTK Sendiri (berupa username dan password) pada Aplikasi Dapodikdas 4.1.0 Terbaru tahun ini harus diindahkan. Sebagaimana diketahui pada Aplikasi Dapodikdas 2016 terdapat fitur Tambah / Ubah akun PTK.

Akun PTK dapat digunakan sebagai alat transaksi login semua aplikasi yang dikelola oleh Ditjen GTK di tahun 2016, contohnya untuk cek informasi data GTK. Dan Syarat Membuat Akun PTK pada Aplikasi Dapodikdas Terbaru adalah memiliki email yang masih aktif dan terdaftar di Dapodik.

Berikut Langkah-langkah Cara Membuat Akun PTK pada Aplikasi Dapodikdas Versi 4.1.0 dan versi 4.1.1 yang dapat diperbarui langsung secara online melalui fitur pembaruan aplikasi Dapodikdas


  • Cek rincian data PTK, klik nama PTK yang akan dibuatkan AKUN PTK.
  • Masukan alamat email PTK yang bersangkutan.
  • Klik tombol “Penugasan” PTK, kemudian klik tombol buat / ubah akun PTK.
  • Anda diminta masukan password (INGAT: password bersifat privasi).
  • Terakhir, silakan pilih sinkronisasi data aplikasi Dapodik untuk menyimpan data akun PTK yang baru anda buat.
Demikian Panduan Singkat dan Mudah Cara Membuat Akun PTK di Aplikasi Dapodikdas Terbaru tahun 2016 ini dan semoga bermanfaat! BAGIKAN bila postingan ini bermanfaat!
Cara Buat Akun PTK Pada Aplikasi Dapodik Sebagai Alat Transaksi Data Guru
Cara Buat Akun PTK Guru
Share on FB Share on Tweet Share on G+