Tips Memilih Sekolah yang Baik dan Berkarakter Integritas

Tahun ajaran baru memang masih lama, namun biasanya di beberapa daerah dan banyak sekolah telah membuka pendaftaran siswa baru. Bahkan, sekolah-sekolah unggulan sudah membuka gelombang inden untuk tahun ajaran berikutnya. Musim penerimaan peserta didik baru memang selalu member kisah menarik bagi para orang tua khususnya yang baru menyekolahkan putra-putrinya. Baca juga artikel tentang Ketika Harus Memilih Sekolah Atau Bekerja

Sayangnya, sebagai orang tua harus selektif dalam memilih sekolah yang akan menjadi tempat buah hatinya menuntut ilmu. Orang tua harus dapat memilih baik lokasi dan kondisi sekolah yang nyaman bagi putra-putri untuk mengecam dunia pendidikannya. Lalu, bagaimana cara memilih sekolah yang baik?

Berikut Ulasan Cara Memilih Sekolah yang Baik dan Berkarakter Integritas yang Dapat Dilakukan Orang Tua Siswa

Banyak pakar telah memberi tips atau triks memilih sekolah yang baik, hanya saja yang perlu ditambahkan adalah sekolah yang tidak hanya unggul dalam hal intelektual saja. Sekolah yang baik harus mencangkup berbagai kecerdasan baik itu spiritual, intelektual dan emosional, serta financial. Mengapa demikian? Karena sekolah yang memiliki integritas tinggi biasanya memadukan segala aspek kehidupan ke dalam proses belajar mengajar.

Sekolah berintegritas tidak hanya mengajarkan bidang agama saja, atau hanya mencerdaskan intelektual siswa, atau menanamkan semangat siswa untuk berkari. Sekolah integritas mestinya mengajarkan dan menanamkan berbagai landasan kehidupan agar sukses dunia dan akhirat. Artinya, secara komprehensif pendidikan benar-benar diarahkan kepada terbentuknya manusia yang paripurna dengan kesempurnaan akhlak dan intelektualnya.

Orang tua sebelum memutuskan sekolah yang akan dijadikan wahana belajar anaknya harus melihat kulaitas pendidiknya. Tidak hanya intelektual, tingkat religious para guru juga menjadi prioritas orang tua yang akan menitipkan anaknya bersekolah di tempat tersebut. Karena guru yang berlandaskan iman dalam mendidik niscaya cahaya iman akan memancar kepada para peserta didiknya juga.

Orang tua juga harus melihat lingkungan sekolah jika ingin memilih sekolah yang baik. Kondisi lingkungan sekitar, situasi pembelajaran dan akses letak sekolah boleh jadi bagian penting yang harus dipertimbangkan. Sekolah yang terletak di wilayah yang asri dan jauh dari kegaduhan otomatis akan membentuk karakter peserta didik yang lebih dinamis. Berbeda dengan sekolah yang berada di dekat pasar atau bahkan tempat buruh bekerja.

Selain itu, sekolah yang berada dekat keramaian akan mengenalkan anak didik terhadap banyak hal yang bisa jadi belum waktunya. Misalnya kebiasaan merokok, nongkrong, shoping, berteriak-teriak, bolos, ngegosip dan berbagai hal negative bagi seorang peserta didik.

Tips Memilih Sekolah yang Baik dan Berkarakter Integritas
Gedung Sekolah (DOK. PRIBADI)

Sekolah unggulan yang harus menjadi pilihan orang tua seharusnya menekankan rasa malu bagi setiap civitas pendidikan di sekolah tersebut. Rasa malu yang penting ditekankan sejak dini di antaranya malu berbohong, malu mencuri, malu malas, malu terlambat, malu berbuat dosa, malu tidak jujur dan malu lainnya. Boleh dibilang pendidikan rasa malu menjadi unggulan di sekolah yang ingin memiliki integritas dalam segala hal.

Tentu masih banyak metode memilih sekolah bagi orang tua yang ingin menyekolahkan putra-putrinya yang tersedia di media cetak maupun online. Namun sedikit uraian di atas diharap dapat memberi pondasi berpikir para orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya. Keberhasilan pendidikan putra-putri bangsa sangat bergantung pada elektabilitas lembaga pendidikan tempat mereka menimba ilmu.

Semoga ayah bunda yang berbahagia dapat menemukan sekolah yang ideal dan sesuai dengan syiar kemuliaan menuntut ilmu. Selanjutnya para generasi bangsa dapat dengan bangga menambatkan hatinya di sekolah untuk terus menuntut ilmu. Marilah kita semua mewujudkan kondisi belajar yang efektif dan kondusif bagi para calon pemimpin bangsa ini. Share on FB Share on Tweet Share on G+