Tips Sukses Ujian Nasional (UN)

Ujian Nasional (UN) detik ini masih menjadi acuan system pendidikan Indonesia sebagai alat evaluasi bagi peserta didik kelas akhir di jenjang menengah keatas. UN atau Unas bahkan diproyeksikan bakal menjadi bahan pertimbangan atau syarat seorang siswa mendapatkan sesuatu. Di antaranya sebagai syarat menerima beasiswa, syarat masuk sekolah favorit dan angka kredit bagi yang ingin melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN).

Berbagai cerita kurang sedap selalu menghiasi gelaran UN dari tahun ke tahun hamper merata di semua jenjang. Mulai dari penyelenggaraan yang kurang jujur sehingga memberi peluang peserta UN bekerja sama, terdapat kebocoran soal, jual beli jawaban UN, hingga pada keterlibatan peran guru baik secara individu ataupun kelompok dalam membantu mengerjakan soal UN peserta didik.
Memang data permasalahan di atas tidak dapat diuraikan secara rinci dan ditunjukkan bukti otentiknya, namun sebagai orang dewasa yang mampu berlogika maka hal-hal tersebut sangatlah mungkin terjadi apalagi di era serba modern seperti sekarang ini. Pertanyaannya, untuk apa ada ujian nasional jika itu justru mendorong ketidak-jujuran?

Dasar pembahasan tentang Tips Sukses Ujian Nasional kali ini berpatokan pada motivasi untuk tetap hidup jujur dalam berbagai situasi kehidupan termasuk saat menghadapi berbagai ujian yang salah satunya Ujian Nasional (Unas). Kejujuran dengan sendirinya akan mengantarkan manusia untuk tidak melanggar apa yang telah menjadi aturan main kehidupan termasuk aturan mengikuti Unas.

Sulit memang hidup jujur, tetapi setidaknya dengan menanamkan landasan kejujuran pada diri peserta didik akan menuntut mereka berusaha lebih keras lagi menggapai cita-citanya dengan jalan yang baik dan mulia. Peserta didik atau siswa akan tertantang untuk serius menyiapkan UN sehingga meminimalisir kecurangan saat mengikuti UN.

Jujur menjadi senjata ampuh dan lebih berharga dari sekedar nilai UN cumlaude yang diraih dengan cara tidak jujur. Cukup banyak panduan hidup jujur dalam menghadapi drama hidup di dunia ini, dan tidak jarang yang memberikan penegasan bahwa dengan jujur banyak orang sukses meraih nilai UN terbaik. Tentu mereka yang meraih hasil UN gemilang dengan jujur lebih bangga dan menyiapkan dengan serius sebelum mengikuti UN itu sendiri.

Tips Sukses Ujian Nasional (UN)
Ilustrasi Ujian Mahasiswa (DOK. PRIBADI)

Langkah-langkah yang dapat dilakukan jika ingin mengikuti UN dengan jujur dan hasil yang memuaskan di antaranya :

  1. Belajar sejak dini
  2. Menguasai setiap materi pelajaran
  3. Sering melakukan latihan mengerjakan soal UN
  4. Memahami kisi-kisi materi soal UN
  5. Yakin dengan kemampuan diri sendiri
  6. Mampu memprediksi bahan pelajaran yang akan masuk UN
  7. Berdoa
Tujuh hal tersebut memang tidak mutlak penentu bagi seorang siswa dapat jujur mengikuti UN dan meraih nilai yang memuaskan. Setidaknya dengan memiliki tujuh komponen mengikuti UN di atas, peserta didik sudah belajar menyiapkan diri menjadi individu yang jujur dan siap menghadapi segala ujian termasuk UN.

Masih banyak tips sukses UN lainnya yang dapat dipelajari baik di media-media cetak ataupun online sebagai persiapan sebelum mengikuti UN. Satu hal yang harus menjadi dasar kekuatan dan keberhasilan hidup mulia adalah kejujuran. Maka siswa atau siapa saja yang akan menghadapi ujian atau tes harus tetap dalam koridor jujur. Hasilnya, tidak saja nilai yang memuaskan namun juga kebanggaan dan harga diri karena mampu melaksanakan UN dengan jujur.

Semoga ulasan sederhana ini dapat mendorong kita semua hidup jujur sebagai modal menghadapi berbagai ujian kehidupan yang memang tujuannya mengasah tingkat kejujuran hidup manusia.
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+