Ketika Harus Memilih Sekolah Atau Kerja

loading...
loading...
Dewasa ini banyak orang terutama lulusan SMA/SMK merasa bingung dalam menentukan pilihan antara memilih melanjutkan sekolah atau bekerja. Banyak orang beranggapan pendidikan itu sangat penting. Tetapi tidak sedikit juga orang yang mengatakan bekerja lebih menghasilkan uang. Untuk kalangan orang-orang yang berpenghasilan cukup, sekolah adalah hal wajib yang harus ditempuh. Tetapi untuk orang-orang yang berpenghasilan minim, sekolah hanyalah angan-angan yang sulit diraih. (Sebelumnya baca juga : Peran Penting Profesi Guru Bagi Pemerintah Indonesia)

Gambar gedung sekolah
Gambar gedung sekolah (DOK.PRIBADI)

Sekolah adalah suatu lembaga yang didirikan oleh pemerintah (negeri/swasta) yang dirancang sebagai sarana untuk pembelajaran pendidikan bagi para murid/mahasiswa dibawah bimbingan guru/dosen. Di Indonesia menurut statusnya sekolah digolongkan menjadi dua. Yang pertama sekolah negeri, yaitu sekolah yang didirikan dan diselenggarakan oleh pemerintah. Mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Perguruan Tinggi. Yang kedua sekolah swasta, yaitu sekolah yang tidak diselenggarakan oleh pemerintah. Karena biasanya dalam sekolah swasta berupa yayasan pendidikan.

Bekerja menggunakan laptop
Ilustrasi bekerja (DOK.PRIBADI)

Sedangkan untuk kerja sendiri adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang sebagai profesi dan hal itu sengaja dilakukan untuk mendapat penghasilan. Kerja juga dapat dikatakan sebagai kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu. Seseorang bekerja karena ada sesuatu yang hendak dicapainya. Seseorang itu berharap bahwa aktivitasnya tersebut dapat membawanya kepada suatu keadaan yang lebih memuaskan dari pada keadaan yang sebelumnya. Pekerjaan adalah sebuah kegiatan fisik yang juga dibantu oleh mental untuk dapat menghasilkan suatu barang atau jasa yang dapat digunakan manusia pada umumnya. Ada beberapa jenis macam bekerja, seperti Work a Holic (orang yang kecanduan bekerja), Work Shy (orang yang malas bekerja), dan Work Tolerant (sedikit bekerja, tetapi berpenghasilan banyak).

Ketika Harus Memilih Sekolah Atau Kerja

Permasalahnnya sekarang adalah hal yang harus dipilih oleh seseorang antara melanjutkan sekolah atau bekerja jika sudah menempuh pendidikan 12 tahun. Karena pemerintah sendiri telah memberikan ketetapan bahwa wajib belajar bagi masyarakat Indonesia adalah 12 tahun. Yaitu mulai Sekolah Dasar sampai SMA/ SMK. Selepas itu mereka dibebaskan untuk melanjutkan sekolah atau memilih bekerja.

Semua orang ingin bekerja, tetapi dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang langsung terjun kedunia kerja. Tetapi ada juga yang memilih untuk melanjutkan sekolah terlebih dulu setelah itu baru kerja. Perbedaan yang akan muncul antara orang yang berpendidikan dan berpendidikan rendah hanya terletak pada jenis pekerjaannya. Tetapi berdampak pada penghasilan yang didapatnya. Karena orang yang berpendidikan tinggi pekerjaannya akan lebih pasti, lebih banyak bekerja menggunakan pikiran, dan dapat dipertanggung jawabkan. Sedangkan untuk orang-orang yang berpendidikan rendah pekerjaannya dominan bersifat kasar dan menggunakan tenaga.

Jadi, sekarang kembali kepada diri masing-masing. Jika ingin memiliki pekerjaan yang layak dan penghasilan yang mencukupi, alangkah lebih baik melanjutkan sekolah terlebih dulu. Tetapi jika tidak mungkin untuk melanjutkan sekolah karena terhalang beberapa faktor dan mengharuskan untuk bekerja itu bukan keputusan yang salah. Yang terpenting harus selalu optimis dan pantang menyerah.

Kesimpulannya, bekerja adalah hal pasti yang harus dilakukan seseorang untuk meneruskan karir hidupnya dan demi memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun sebelum memasuki dunia kerja, hal terpenting adalah memiliki skill kemampuan atau pengetahuan terhadap bidang pekerjaan yang ditekuni. Ini artinya sekolah tetap penting sebelum memutuskan bekerja, karena sekolah tidak harus melalui lembaga formal, ada banyak bimbingan keahlian yang tersedia bagi mereka yang tidak mampu melanjutkan sekolah.

Hasilnya, bagi tenaga profesional yang didasari kemampuan dan skill yang sesuai dengan bidang pekerjaannya akan menghasilkan kerja-kerja hebat. Sebaliknya, pekerjaan yang dilakukan dengan apa adanya dan oleh bukan ahlinya tentu tidak akan berkualitas dan cenderung asal jadi saja. Demikian artikel sederhana ketika harus memilih sekolah atau bekerja.
Share on FB Share on Tweet Share on G+
loading...